Mulyono; Perlunya Keterbukaan Informasi Di Sulteng

Laporan Moh Nasir Tula
02 Mei 2018
beritasulteng, Palu-  Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Asisten Adm.Umum dan Organisasi Sekretariat Daerah Prov.Sulawesi Tengah Mulyono,SE,Ak,MM menutup secara resmi lomba debat Ilmiah Tk. Perguruan Tinggi Se Kota Palu dengan tema “keterbukaan informasi menuju tata kelola pemerintahan daerah yang transparan,akuntabel dan profesionalisme” yang dilaksanakan oleh Institut Sikola Mombine bersama Komisi Informasi Prov.Sulawesi Tengah dan Himpunan Mahasiswa Matematika Fakultas MIPA Univ.Tadulako, Aula Posintomu UPT.Panti Sosial Anak (2/5).
Dalam sambutannya mengatakan bangga dengan hasil lomba debat ilmiah ini, yang begitu semangat para mahasiswa mahasiswi dari perguruan tinggi negeri maupun swasta, yang masing-masing mempertahankan argumennya, sehingga lomba debat ini menjadi sangat sehat dan menghasilkan apa yang kita harapkan, dan soal menang atau kalah merupakan hal yang wajar disetiap perlombaan, namun di sini yang terpenting adalah, bagaimana kita memahami dengan benar tentang makna keterbukaan informasi didalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang transparan, akuntabel dan profesional.
Kita tahu, seni berdebat adalah salah satu keterampilan linguistik selain berpidato, berpuisi, berpantun dan mendongeng yang menuntut seseorang piawai mengemukakan argumentasinya secara lugas dan meyakinkan dalam waktu yang telah ditentukan. Olehnya, seni debat ini sangatlah bagus untuk dilatih apalagi bila dikuasai, khususnya bagi para mahasiswa dalam mengasah kemampuan pikir analitiknya, menambah perbendaharaan kata, keberanian mengutarakan pendapat dan meyakinkan orang lain terhadap argumennya,ungkapnya.
Untuk itu, dengan lomba debat ilmiah yang mengangkat tema keterbukaan informasi publik dalam rangka mewujudkan pemerintahan daerah yang akuntabel, transparan dan profesional, saya harap dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta berupa wawasan yang menyeluruh terkait substansi tema tersebut, dan juga melatih kemampuan peserta dalam berdebat,harapnya.
Mulyono pun mengucapkan terima kasih buat para pemenang dan seluruh peserta, serta menitipkan pesan agar tidak bosan untuk terus memperdalam berbagai isu isu strategis yang ada, khususnya dalam bidang pemerintahan untuk kemudian didebatkan secara bertanggungjawab.
Adapun yang menjadi juara 1 dari UNTAD nama regu turtle production dengan total score 91, juara 2 dari IAIN nama regu macan hijau total score 87 dan juara 3 UNTAD nama regu akuntansi 16 total score 83.
Acara ini dihadiri oleh ketua komisi informasi prov.sulawesi tengah beserta para komisioner, direktur pelaksana Institut Sikola Mombine, opd prov.sulawesi tengah dan mahasiswa dari perguruan tinggi se kota palu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares