Longki, Bangga Basarnas Banyak Membantu Pencarian Korban Bencana

Moh. Nasir Tula

27 / 02 / 2019

beritasulteng,  Palu – Upacara penuh khidmat menjadi puncak dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ke-47 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Prof.Sulteng Kota Palu, bertemakan “Dengan Sinergitas dan Soliditas, Basarnas Bersama Potensi SAR Bertekad Mewujudkan Pelayanan SAR Yang Cepat, Prima dan terpadu” bertempat di Lapangan Pogombo Kantor Gubernur Sulteng pada pukul 08.00 WITA, Kamis (28/2) 2019.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Gubernur Sulawesi Tengah Drs.H.Longki Djanggola,M.Si, sedangkan duduk di tamu undang menyaksikan upacara Ketua DPRD Prov.Sulawesi Tengah Prof.(Em) H.Aminuddin Ponulele,MS, Kepala Kantor Basarnas Kota Palu Basrano,SE,M.A.P, Forkopimda Prov. Sulawesi Tengah, Para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Prov. Sulawesi Tengah, Unsur KPLP Pantoloan, DWP Prov. Sulteng, Persit KCK Prov.Sulteng, DWP Basarnas Palu serta Stakeholder Basarnas lainnya.

Upacara yang diawali dengan defile seluruh peserta meliputi TNI/Polri, Satpol PP, Damkar, PMI, Pramuka, Perhubungan, Mahasiswa STIKES, SAR Sahlan, KPLP Pantoloan, dan dilanjutkan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Upacara didampingi komandan upacara. Gubernur Sulteng melihat satu persatu kesiapan pasukan sebelum kembali ke mimbar Upacara.

“Hari ini adalah hari yang spesial bagi keluarga besar badan nasional pencarian dan pertolongan atau yang sudah populer dengan Basarnas, institusi pemerintah yang identik dengan baju orange ini merayakan hari jadinya yang ke-47. usia yang tidak muda lagi. Dinamika yang mewarnai perjalanan Basarnas dari tahun ke tahun begitu dinamis yang pasti, Basarnas saat ini telah menjelma menjadi institusi pemerintah yang berkompeten di bidang pencarian, pertolongan, penyelamatan, dan evakuasi pada kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia baik secara nasional dan internasional. Tugas mulia tersebut seperti tertuang dalam amanah undang-undang nomor 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan”, ujar Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan RI Marsdya TNI Bagus Puruhito,SE,MM dalam sambutan tertulis yang dibacakan Gubernur Sulawesi Tengah.

Lebih lanjut Marsdya TNI Bagus Puruhito,SE,MM dalam penyampaiannya mengakui dalam melaksanakan tugas, Basarnas tidak dapat bekerja sendirian. Operasi SAR adalah bersifat team work dan sebagai leading sector, Basarnas mengkoordinir keterlibatan seluruh potensi SAR, baik dari unsur TNI, Polri, instansi pemerintah dan swasta, maupun stakeholder bidang SAR lainnya di tingkat pusat maupun daerah.

Senada dengan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan RI, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola juga mengungkapkan bahwa Basarnas mempunyai peran penting saat terjadi gempa bumi di Sulawesi Tengah,”Walaupun dimaki dan dicaci, keberadaan serta eksistensi Basarnas bisa meredam amarah masyarakat dan Basarnas tetap tangguh dilapangan saat terjadi bencana walaupun peralatan dan tenaga yang begitu terbatas”,ujar Gubernur.

Diakhir sambutannya Gubernur mengucapkan terima kasih atas partisipasi Basarnas yang telah membantu masyarakat Sulawesi Tengah khususnya dalam peristiwa 28 september 2018 serta mewakili masyarakat Sulawesi Tengah terlebih khusus masyarakat terdampak Padagimo mengucapkan selamat ulang tahun Basarnas yang ke – 47.

RO.HUMAS PROTOKOL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*