Peringatan HUT Satpol PP Ke 69 Berlangsung Hikmah

Laporan, Moh. Nasir Tula

( 20 / 03 / 2019 )

“Peringati HUT Pol PP, di rangkaian dengan Satlinmas dan Damkar “.

beritasulteng, Palu – Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si secara khusus menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada segenap aparatur/personil satuan polisi pamong praja (Satpol PP), satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) dan pemadam kebakaran (Damkar) yang tidak takut bahkan rela mempertaruhkan nyawa dalam membantu proses evakuasi pada korban gempa bumi, tsunami dan likuifaksi 28 September 2018 lalu.

Bahkan ketiga lembaga dimaksudkan hingga saat ini tetap memberi dukungan pengamanan dan ketertiban umum ke masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya masyarakat Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong (Padagimo)

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola dalam acara peringatan HUT Satpol PP ke-69, Satlinmas ke-57 dan Damkar ke-100 dirangkaikan dengan pembukaan kemah kerja terpadu Satpol PP bertempat di Lokasi Ex STQ Jabal Nur Palu, Rabu 20 Maret 2019.

Longki, menyampaikan sedianya puncak peringatan HUT Pol PP yang ke-69 dilaksanakan di Kabupaten Tolitoli, namun berhubung adanya bencana alam pada tanggal 28 September maka acaranya dipindahkan ke Kota Palu, dan untuk tahun depan Kabupaten Tolitoli yang akan bertindak sebagai tuan rumah dalam kegiatan dimaksud.

Pada kesempatan itu pula, Gubernur Longki Djanggola secara resmi membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo.

Dalam sambutannya, Mendagri menyatakan peringatan HUT dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menurut Mendagri peran penting Damkar, Satpol PP dan Satlinmas tercermin dari tugas dan tanggungjawabnya.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Negara Indonesia akan memasuki agenda nasional yang sangat penting, sekaligus menjadi puncak indikator kualitas penyelenggaraan demokrasi Indonesia yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan legislatif secara serentak,” sebut gubernur dalam sambutan Mendagri.

Untuk itu lanjutnya, seluruh aparatur pemerintahan dan bangsa lainnya mempunyai kewajiban untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif serta bersama-sama menjaga kualitas penyelenggaraan pemilu.

Ada empat poit utama yang menjadi penekanan Mendagri kepada seluruh kepala daerah yaitu pertama melakukan penguatan kapasitas kelembagaan sub urusàn kebakaran dan penyelenggaraan sub urusan ketenteraman dan ketertiban umum

kedua, melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur, ketiga, melakukan penguatan kapasitas sarana dan prasarana untuk proteksi aparatur dan penyelamat masyarakat dan yang keempat, alokasi anggaran yang memadai bagi pencapaian target standar pelayanan minimal dengan mempedomani peraturan Mendagri dengan penyusunan RKPD dan APBD.

Pelaksanaan upacara puncak peringatan HUT Pol PP, Satlinmas dan Damkar diawali pemeriksaan pasukan oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Defile Pol PP masing-masing kabupaten/kota, penyerahan piagam penghargaan dan kegiatan lainnya.

( Kiriman. Humas Protokol Sulteng )

Leave a Reply

Your email address will not be published.

shares