Puncak HUT Sulteng Ke 55 Berlangsung Lancar

Laporan, Moh.Nasir Tula

13 April 2019

beritasulteng, Palu – Puncak peringatan HUT Provinsi Sulawesi Tengah yang ke-55 di tandai dengan upacara penaikan bendera merah putih oleh pasukan purna paskibraka bertempat di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Sabtu 13 April 2019.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, M.Si dalam sambutannya mengatakan, upacara peringatan HUT Provinsi Sulawesi Tengah yang ke-55 sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas dinamika perjalanan pembangunan.

“Kita harus senantiasa bersyukur dan menerima apa yang diberikan Allah SWT, baik itu keberhasilan dalam pembangunan maupun cobaan berupa gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang terjadi di Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi dan Parigi Moutong akhir September 2018 lalu, bahkan semalam gempa bumi juga terjadi di Kabupaten Morowali dan Kabupaten Banggai. semua itu adalah kehendak Allah SWT, dan kita semua dituntut untuk senantiasa mendekatkan diri kepadanya,” sebut gubernur.

Untuk tetap kuat dan bangkit dalam menjalankan roda pembangunan, ujar gubernur jadikan bencana alam sebagai sahabat bukan musuh, dan kita tidak boleh larut dalam kesedihan. jadikan bencana sebagai energi pembakar semangat untuk terus berjuang bersama.

lebih lanjut gubernur menyampaikan kemajuan sekaligus tantangan yang dihadapi oleh provinsi Sulawesi Tengah di usianya yang ke-55 masih memerlukan pembenahan dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

Kompònen indikator pembangunan dimaksud yaitu pertumbuhan ekonomi Sulteng tahun 2018 sebesar 6,30 persen sedikit melambat dari tahun 2017 sebagai konsekuensi adanya bencana alam pada 28 September 2018.

Peningkatan PDRB nominal perkapita dari Rp45,24 juta pada tahun 2017 menjadi Rp 50,18 juta pada tahun 2018. Meningkatnya IPM dari 67,47 poin pada tahun 2016 menjadi 68,11 poin pada tahun 2017 yang berdampak positif pada pengembangan SDM di Sulteng.

Indeks gini Sulteng mengalami penurunan dari 0,345 poin pada tahun 2017 menjadi 0,317 poin pada tahun 2018. Tingkat kemiskinan Sulteng mengalami penurunan yakni dari 14,22 persen pada tahun 2017 menjadi 13,69 persen pada tahun 2018 dan dari sisi ketenagakerjaan TPT tahun 2018 relatif rendah dibanding TPT nasional 5,34 persen. TPT Sulteng tahun 2018 sebesar 3,43 persen menurun dibanding tahun 2017 sebesar 3,81 persen.

“Empat hari kedepan kita akan melaksanakan pemilihan umum Presiden dan Wspres RI, DPD-RI, DPR-RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, untuk itu saya himbau pegawai ASN agar menjaga integritas dàn netralitas selama berlangsungnya pemilu, Kepada penyelenggara Pemilu agar bertindak jujur, netral, independen, transparan dan profesional dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, Kepada seluruh masyarakat agar menggunakan hak suaranya dan kepada seluruh pemangku kepentingan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk menjaga pro§es pemilu dengan baik, aman, tertib, jujur serta adil,” pungkas gubernur

Puncak peringatan HUT Provinsi Sulteng ke-55 juga dirangkaikan dengan penampilan Joyful Kids, penampilan TK Adhyaksa XXII, penyerahan penghargaan dan hadiah pemilihan petugas operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi dan rawa teladan tingkat nasional tahun 2018, penandatanganan nota kesepakatan antara Kemenkumham RI Kanwil Sulteng dengan Pemda Sulteng tentang peningkatan kesadaran hukum dan HAM serta penyerahan piala APE

Ro. Humas dan Protokol

Leave a Reply

Your email address will not be published.