Kepala Kemenag Palu Jadi Imam Sholat Ied, Di Laksanakan Pemkot Palu

Laporan, Moh.Nasir Tula

11 Agustus 2019

beritasulteng, Palu – “ Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar Laa Ilaa haillallaahu Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamd ,“ bacaan takbir, tahlil dan tahmid menggema di Stadion Gawalise, tampak ribuan jamaah shalat ied menyusuri rerumputan stadion yang masih berembun dengan suka cita untuk melaksanakan shalat ied 1440 H.

Tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palu menggelar shalat Idul Adha, di dua tempat yang berbeda. Yaitu di Lapangan Stadion Gawalise Kelurahan Duyu, Kecamatan tatanga dan Lapangan Vatulemo depan Balaikota Palu. Seperti Shalat Idul Fitri 1440, Drs. H. Ma’sum Rumi, M.M, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Palu kembali ditunjuk menjadi Imam shalat ied di Lapangan Stadion Gawalise (11/8).

Pelaksanaan shalat Idul Adha di Stadion Gawalise sendiri, baru dilaksanakan Pemkot Palu pada tahun ini. Hal ini merupakan inisiasi dari Pemkot guna membagi suka cita bersama para pengungsi dan para survivor bencana. Rencananya hewan kurban yang total berjumlah 58 ekor dari berbagai OPD akan dibagikan ke para pengungsi.

Saat ditemui usai shalat, H. Ma’sum Rumi memberikan tanggapan “ Secara pribadi saya mengapresiasi niat baik Pemkot yang menggelar shalat di stadion ini, dimana banyak tempat pengungsian yang berada disekitarnya. Insya Allah hewan kurban juga akan dibagikan kepada mereka (para pengungsi), semoga menjadi berkah bagi kita semua pada umumnya dan Pemkot pada khususnya” ujar H. Ma’sum Rumi.

Dalam pelaksanaan shalat Id ini diikuti oleh Wali Kota Palu Drs. Hidayat M.Si, Unsur Forkopimda, Ketua MUI Kota Palu yang juga menjadi Khatib, Prof.Dr. Zainal Abidin, M.Ag, Asisten di Lingkup Setda Palu , unsur OPD, Tokoh Masyarakat , awak media lokal dan luar negeri serta masyarakat sekitar. Pelaksanaan shalat Id pun dilaksanakan dengan penuh haru dan kegembiraan bagi para jamaah.